Minggu, 06 Desember 2009

Curi Setandan Pisang, Kakek di Yogyakarta Ditahan

Sabtu,5 Desember 2009

Yogyakarta: Lagi-lagi kasus pelanggaran hukum sepele yang melibatkan masyarakat kecil yang langsung ditindak aparat penegak hukum. Di Yogyakarta, baru-baru ini, seorang kakek berusia 76 tahun bernama Klijo ditahan karena dituduh mencuri setandan pisang seharga Rp 2.000.

Seorang kakek berusia 76 tahun bernama Klijo ditahan karena dituduh mencuri setandan pisang seharga Rp 2.000 di Yogyakarta. Kuasa hukum Mbah Klijo berharap polisi tidak hanya berpegang pada alasan yuridis formal.


Peristiwa berawal ketika Klijo tengah bersepeda yang kemudian diminta sekelompok anak untuk menebang pisang di pinggir jalan. Perbuatan Mbah Klijo--demikian Klijo sering disapa--dilaporkan sejumlah warga ke polisi. Mbah Klijo pun langsung ditahan di Kepolisian Sektor Godean dan kemudian dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan Cebongan.








Sementara kuasa hukum Mbah Klijo berharap polisi tidak hanya berpegang pada alasan yuridis formal dan mengabaikan substansi penegakan hukum.

Kasus ini mengingatkan pada nasib yang menimpa Mbah Mina yang ditahan karena mencuri tiga butir kakao di Banyumas, Jawa Tengah. Untunglah, berkat tekanan masyarakat, majelis hakim menghukum Minah satu bulan dengan masa percobaan tiga bulan tanpa harus menjalani kurungan tahanan


sumber :www.terselubung.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar